Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan

7 Nov, 19:17
Anonim
Website Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 6 hari

Lapor, saya sudah melakukan registrasi pada portal sinta (science and technology index) beberapa hari lalu, tapi saya belum juga mendapatkan email verifikasi. mohon kemenristekdikti untuk segera menindaklanjuti permohonan saya karena instansi tempat saya mengajar meminta saya untuk segera mengirimkan akun sinta yang sudah terverifikasi. terima kasih.
nama : adam safitri
alamat email yang didaftarkan adalah adam@sttcirebon.ac.id
id google scholar : uusyzfaaaaaj
universitas instansi : sekolah tinggi teknologi cirebon
domisili : cirebon, jawa barat

7 Nov, 16:11
Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha
Website Ditutup oleh Pelapor

Melalui kanal ini saya ingin meminta izin membagikan tulisan. kali ini tentang sistem pengaturan peminjaman dan booking instrument alat pengujian. kita semua paham, bahwa kuliah di indonesia (baik yang s1/s2/s3, utamanya yang sains dan engineering) seringkali mengalami betapa susahnya kita dalam mencari dan melakukan booking alat pengujian untuk keperluan riset. nah, based on case itu, saya coba merangkum hasil studi komparasi singkat dari sistem terintegrasi milik ministry of science and technology (most), taiwan.

mungkin jika berkenan bisa di-share, sehingga bisa menjadi inspirasi untuk penerapan kebijakan portal terintegrasi di lingkungan pendidikan tinggi indonesia, serta rekan-rekan yang memiliki pern sebagai dosen/tenaga pengajar/researcher di indonesia, jika portal kebijakan semacam itu dapat diterapkan pastinya akan lebih menggerakkan dan mempermudah kerja bagi pelaku riset di tanah air.
untuk lebih detailnya ada di tautan berikut: https://hernandha.co.id/2019/11/03/potensi-portal-terintegrasi-untuk-instrumen-alat-pengujian-di-indonesia/

terima kasih atas perhatiannya. semoga bermanfaat.

hormat saya,
rahmandhika firdauzha hary hernandha (ozha)
doctoral student in energy storage and electrochemistry laboratory
department of materials science and engineering, college of engineering
national chiao tung university (國立交通大學), taiwan
https://hernandha.co.id/

6 Nov, 15:30
628561121xxxx
SMS Ditindaklanjuti oleh Instansi Selesai otomatis dalam 6 hari

Ide untuk kementerian ristek dan teknologi dan badan riset dan inovasi nasional:



1. clustering research team/department per bidang, dapat juga lembaga penelitian dan inovasi yang dimiliki pemerintah menjadi unit kerja di bawah badan riset dan inovasi nasional. namun perlu dibedakan dari sifat risetnya.

2. pemerintah dapat berlangganan online jurnal internasional misal dari elsevier, oxford university press, harvard university press, dll. tujuannya adalah agar hasil riset yang sudah dilakukan di luar negeri dapat menjadi referensi untuk inovasi yang dilakukan penduduk/akademisi/siswa/mahasiswa di indonesia. dan masing-masing jurnal yang terakreditasi dikti, dapat diakses linknya dari website badan riset dan inovasi nasional oleh masyarakat.

3. publikasi riset yang dilakukan peneliti indonesia (maupun penelitian yang merupakan kerjasama antara peneliti indonesia dan peneliti luar negeri), dilakukan seperti misalnya untuk bidang ekonomi adalah nber (national bureau of economic research), sehingga hasil penelitian dapat diakses oleh masyarakat yang ingin membaca hasil riset tersebut, dan dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya di masing-masing bidang.

4. dibuatkan aplikasi (app) untuk publikasi hasil research nasional (peneliti indonesia, gabungan peneliti indonesia dan asing, baik swasta maupun pemerintah/kelembagaan), yang dapat mudah diunduh/download di smartphone. satu app, namun di dalamnya dapat berisi berbagai macam bidang penelitian. dapat dibuat e-research/e-riset.

5. dilakukan lomba-lomba inovasi untuk berbagai bidang untuk menjaring inovasi-inovasi yang diusulkan oleh masyarakat, siswa, mahasiswa, dan peneliti yang mengangkat tema yang up to date dan terkait teknologi informasi/sains. jika perlu dibuatkan app/aplikasi untuk publikasi inovasi maupun untuk menyampaikan ide inovasi. jika berguna bagi masyarakat luas inovasi dapat dilakukan bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang terkait sebagai bagian dari research & development.

6. lebih sering dilakukan call of paper untuk seminar internasional maupun seminar nasional, dapat dilakukan kerjasama antara kementerian riset dan teknologi dengan universitas negeri dan swasta yang ada di indonesia. tujuannya untuk meningkatkan minat riset dan inovasi di masing-masing bidang.

terima kasih.

endah siska aristiyowati s.e., m.s.e
endahsiska23@gmail.com

6 Sep, 16:34
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Lapor, saya sudah melakukan registrasi pada portal sinta (science and technology index) beberapa hari lalu, tapi saya belum juga mendapatkan email verifikasi. mohon kemenristekdikti untuk segera menindaklanjuti permohonan saya karena instansi tempat saya mengajar meminta saya untuk segera mengirimkan akun sinta yang sudah terverifikasi. terima kasih.
nama : syahria madjid
id sinta : 6704918
id google scholar : pe484ceaaaaj
universitas instansi : universitas bosowa
domisili : makassar, sulawesi selatan

17 Agu, 07:26
Muhammad Arieve Ramadhanie
Website Ditutup oleh Sistem

Semangat pagi
dear :
pemerintah pusat (menristekdikti)
dinas kehutanan

kami sebagai warga negara indonesia sangat senang dengan temuan mereka. siswa sma 2 berprestasi asal palangkaraya menemukan obat yang disebut2 sebagai anti-kangker dan diakui diajang perlombaan skala nasional dan international dengan tumbuhan asli dayak. sehubungan dengan itu kami sebagai rakyat kalimantan untuk segera membantu mereka menerbitkan hak paten atas temuan inovasi karya anak bangsa. agar selanjutnya dapat dikembangkan di negeri sendiri bukan org lain dan negara lain. terlebih lagi ini bisa menjadi aset negera kedepannya

sebagai pemerintah kami menyerukan untuk turut ikut membantu pengembangan penelitian mereka. hal tersebut menjadi support putra putri bangsa dalam menemukan inovasi terbarukan. sehingga kami menyerukan menristekdikti mendampingi penelitian selanjutnya agar dapat disempurnakan dan dikembangkangkan.

sehubungan issu dan informasi yang sangat cepat menyebar luas keseluruh masyarakat indonesia. sekarang banyak masyarakat sekitar memburu dan menebang pohon tersebut, ditakutkan pupulasinya dapa menurun. kedepannya dinas-dinas terkait seperti kehutanan, dapat membudidayakan, melestarikan serta melindungi jenis tanaman bajakah ini dari pengambilan yang secara berlebihan.

31 Jul, 13:34
Muttaqin Khabibullah
Website Ditutup oleh Sistem

Saya sudah mendaftarkan diri di akun sinta ristekdikti sejak beberapa minggu yang lalu, namun belum juga mendapatkan verifikasi. apakah ada kekurangan atau kekeliruan data? identitas saya:
nama: muttaqin khabibullah (tertulis di akun sinta muttaqin habibullah)
nidn: 2116028901
id author sinta: 6696548
pt: institut agama islam qomaruddin gresik

3 Jul, 08:44
Nurjannah
Website Ditutup oleh Sistem

Selamat siang,saya deni dosen dari prodi tadris matematika. saya sudah mempunya nidn dan terdaftar di forlap dikti. nidn saya 2103039201, akan tetapi ketika saya mendaftar di sinta data saya tidak ditemukan. mohon bantuaanya

2 Jul, 13:18
Anonim
Website Ditutup oleh Sistem

Dear bapak presiden jokowi yang saya banggakan,

pencapaian hasil penelitian kita indonesia bisa dilihat dari jumlah publikasi ilmiah terindeks scopus melalui data terbaru situs scimagojr. bisa dilihat bahwa indonesia masih berada diperingkat 52 dunia bahkan jauh dibawah malaysia diperingkat 34 (https://www.scimagojr.com/countryrank.php).

bapak telah mencanangkan untuk mengembangkan sdm di tahun ini. oleh karena itu ada beberapa hal yang dapat diterapkan untuk pengembangan kualitas sistem pendidikan tinggi kita:

1. kita perlu mendorong penggunaan bahasa inggris untuk digunakan sebagai bahasa yang digunakan dalam proses perkuliahan seperti yang sudah diterapkan di malaysia.

2. dosen harusnya tidak mengajar lebih dari dua mata kuliah per semester agar memiliki lebih banyak waktu untuk meneliti. hal ini telah lama diterapkan di negara maju termasuk malaysia yang juga sudah menerapkannya.

3. penggunaan anggaran penelitian harus disalurkan untuk mencakup penyediaan akses basis data e-journal lengkap seperti compendex dan web of science yang sangat dibutuhkan dosen jurusan mipa dan teknik. banyak dosen yang masih kesulitan untuk menulis penelitian terkait isu terbaru dikarenakan terbatasnya akses e-journal yang dimiliki.

4. sistem pengecekan plagiat harus diterapkan secara menyeluruh mulai dari tugas mahasiswa sampai skripsi dan penelitian dosen. masih banyak mahasiswa dan dosen yang tidak jujur dalam proses pengerjaan tugas sampai penelitian.

5. masih banyak pts yang lebih berorientasi pada pencarian profit dan tidak memperhatikan kualitas kegiatan belajar mengajar dan penelitian. oleh karena itu pengawasan dari kopertis haruslah diperketat secara signifikan.

6. pemerintah disarankan untuk mendorong kontribusi perbankan untuk menyediakan pinjaman pendidikan yang dapat memfasilitasi mahasiswa kita untuk belajar keluar negeri selain beasiswa seperti yang sudah diterapkan di beberapa negara termasuk india. hal ini akan meningkatkan jumlah mahasiswa kita yang memperdalam ilmu di negara maju dan kelak dapat berkontribusi untuk kemajuan indonesia.

7. untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam meneliti, kita bisa memulai dengan melakukan pilot project di beberapa universitas. dosen diwajibkan untuk mengikuti kursus bahasa inggris dan pelatihan cara menulis di jurnal internasional bereputasi. hal ini diperlukan karena ada banyak dosen yang mampu secara akademik dan memiliki ide-ide inovatif yang tidak bisa melakukan publikasi karena kurang percaya diri terhadap kemampuan bahasa inggrisnya untuk menulis di jurnal internasional bereputasi.

8. kontribusi sektor swasta dalam peningkatan dana r&d perlu terus ditingkatkan agar suatu saat nanti sektor swastalah yang justru lebih besar memberikan kontribusi finansial terhadap anggaran r&d dibandingkan pemerintah seperti yang telah diterapkan di negara-negara dengan presentasi anggaran r&d terhadap gdp terbesar seperti korea selatan, israel dan jepang.

sudah saatnya kita bangkit untuk bersaing dengan negara-negara lain dan berusaha untuk menjadi negara maju dimulai dari memajukan dari memajukan sistem pendidikan tinggi kita.
karena kita sebenarnya memiliki potensi besar untuk bersaing dan dibutuhkan keinginan dan tindakan nyata untuk melakukan perubahan yang bisa mendorong majunya sistem pendidikan tinggi kita.



salam,

28 Jun, 08:53
Lukman
Email Instansi Ditutup oleh Sistem

Selamat siang..mohon maaf sebelumnya..saya ingin menanyakan tentang peraturan syarat kelulusan s1 yang berkaitan dengan pembuatan jurnal, baik waktu pembuatannya maupun tentang publikasi nya.dan kalau ada surat keputusan yang terbaru mohon ijin mintaterimakasih

27 Jun, 00:09
Anonim
Website Ditutup oleh Pelapor

Kenapa akun simlitabmas dan sinta tidak bisa syncron dengan pddikti ? saya pindah homebase bulan januari 2019 dan data di pddikti sudah update sesuai homebase yg baru. namun akun simlitabmas dan sinta masih homebase yg lama. padahal saya sdh mengklik tombol syncron di kedua akun tersebut.

DIIKUTI OLEH